Snaptik Tiktok : Review, Keunggulan, Kelemahan, Download Apk

Ingin download video tiktok tanpa watermark atau tanda air? salah satunya gunakanlah snaptik app. Berikut 1health.id akan memberikan review kelebihaan, kelemahaan serta link download apk mod snaptik tiktok versi terbaru 2022.

Buat kamu yang sudah akrab dengan Tiktok, tentu tidak boleh ketinggalan dengan aplikasi Snaptik. Aplikasi ini bisa menjadi pihak ketiga yang membantu pengguna Tiktok untuk mengunduh berbagai video yang disukainya. 

Walaupun aplikasi Tiktok pada dasarnya sudah dilengkapi fitur untuk download video, tapi sebagian orang merasa kurang nyaman dengan fitur tersebut karena berbagai kekurangan yang ada di dalamnya. Misalnya saja hasil video yang didowonload langsung dari aplikasi akan menampilkan watermark. 

Sebagai alternatif situs download video tiktok tanpa watermark, maka muncullah aplikasi tambahan di Play Store yang khusus dibuat pihak tertentu untuk mengunduh video tanpa tanda air dari Tiktok.  

Review Jujur Tentang Aplikasi Snaptik TIktok

Aplikasi Snaptik

Snaptik merupakan salah satu aplikasi berbasis video download yang dikhususkan untuk para pengguna Tiktok di seluruh dunia. Aplikasi yang baru rilis pada Juli 2021 lalu ini langsung banyak diminati seiring meningkatnya jumlah pengguna Tiktok.

Pada awalnya, download video Tiktok ini muncul dalam bentuk situs online yang sifatnya sama dengan situs pengunduh lainnya. Bagi mereka yang ingin mendownload mp3 dari Tiktok ataupun video tanpa watermark, biasanya mengunjungi situs resminya dan melakukan download secara online.

Banyaknya pengguna Tiktok yang mengunjungi website tersebut akhirnya mendorong pengembang untuk membuat aplikasi resmi yang bisa diunduh menggunakan Play Store pada Android masing-masing. Hingga saat ini, versi aplikasinya sudah didownload lebih dari 1 juta orang dengan sebagian besar memberikan ulasan positif. 

Adapun informasi detail terkait aplikasi baru ini bisa dilihat pada tabel berikut.

Nama AplikasiSnaptik
Tahun RilisJuli 2021
Terakhir DiperbaruiJanuari 2022
Ukuran Aplikasi27,51 MB
Rating Aplikasi4,6 dari 5.

Fitur yang Disediakan Snaptik

Fitur Download Video dari Berbagai Versi Tiktok

Secara umum aplikasi ini memang digunakan untuk mengunduh berbagai video dari Tiktok. Meski begitu, tentu saja di dalamnya tidak hanya tersedia satu fitur untuk download saja. Ada beberapa fitur pelengkap lainnya yang membantu mendukung jalannya aplikasi menjadi lebih baik.

Beberapa fitur tersebut di antaranya:

1. Fitur Download Bebas Watermark

Fitur utama yang menjadi daya tarik terbesar dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk download video Tiktok tanpa watermark. Segala bentuk tanda air yang muncul otomatis seperti Tiktok atau creator, bisa hilang setelah diunduh. 

Fitur ini sangat mendukung aktivitas creator yang ingin menggunakan video dari Tiktok untuk dimodifikasi kembali menjadi konten yang menarik. Hasil modifikasi selanjutnya bisa diposting ulang dengan watermark pribadi.

2. Fitur Tinjau Semua Video yang Sudah Diunduh

Banyaknya video yang sudah diunduh dari Tiktok terkadang membuat pengguna kebingungan mencari video tertentu ketika dibutuhkan. Apalagi ketika video tersebut sudah diunduh dalam waktu lama. 

Untuk mempermudah pengguna dalam mengamati kembali video-video yang telah diunduh, Snaptik melengkapi aplikasinya dengan fitur tinjauan yang bisa meninjau video meski dalam jumlah banyak. Jadi tidak perlu kesulitan mencari-cari kembali video yang sudah pernah diunduh sebelumnya.

3. Fitur Pengunduhan Video dengan Pilihan Resolusi Lengkap

Beberapa aplikasi pengunduh video biasanya hanya menyediakan resolusi standar atau HD untuk memenuhi kebutuhan penggunanya terhadap video yang akan didownload. Namun, aplikasi yang satu ini justru menyediakan beberapa pilihan resolusi yang sangat lengkap.

Mulai dari ukuran kecil, Mp4, Web4, hingga Mkv ada di dalamnya. Jadi pengguna bisa memilih resolusi yang sesuai kebutuhan. Kalau sekedar untuk koleksi pribadi dan bukan kebutuhan konten, bisa memilih resolusi terkecil untuk menghemat kuota. 

4. Fitur Bagikan ke Berbagai Jejaring Sosial

Video yang sudah didownload dari aplikasi juga bisa dibagikan langsung ke orang-orang tertentu yang dianggap membutuhkannya. Tidak perlu repot-repot membagikan secara manual melalui galeri penyimpanan, cukup gunakan fitur bagikan agar prosesnya lebih cepat dan simpel.

Fitur bagikan pada aplikasi pengunduh video Tiktok ini tersedia via jejaring sosial. Apabila akun sudah terhubung dengan jejaring sosial yang dimiliki, bisa langsung saja membagikan video tanpa perlu login lagi.

5. Mengunduh Berbagai Video dari Platform Lain

Fitur yang tidak kalah menarik adalah pengunduhan yang fleksibel untuk segala video di berbagai platform. Walaupun dikenal di kalangan pengguna Tiktok, aplikasi ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk download video dari berbagai platform atau media sosial lainnya.

Mulai dari video Instagram, Twitter, hingga Facebook bisa didownload dengan aplikasi ini. Perannya juga sama, yakni menghilangkan tanda air dan memberikan proses pengunduhan video yang lebih simpel. Jadi, satu aplikasi bisa untuk download video dari berbagai platform termasuk Tiktok. 

6. Fitur MP3 Converter

Tidak semua aplikasi video download menyediakan fitur khusus untuk download video saja. Aplikasi Snaptik justru menyediakan fitur Mp3 converter yang membantu pengguna mengunduh lagu atau MP3 dari video Tiktok yang ada. Sementara videonya tidak perlu diunduh sehingga lebih menghemat kuota dan penyimpanan.

Walaupun jarang yang menggunakannya, fitur ini juga sangat membantu beberapa kalangan yang sulit menemukan Mp3 yang sedang viral di Tiktok melalui platform lain. Dengan fitur ini, lagu yang disukai dari Tiktok bisa langsung diunduh dengan cepat tanpa mencari-cari judul lagunya. 

7. Fitur Download Video dari Berbagai Versi Tiktok

Bagi yang aktif menggunakan Tiktok, tentu tahu ada banyak sekali versi Tiktok. Mulai dari Tiktok Lite, China Douyin, hingga Tiktok Global. Fitur download video yang ada pada aplikasi Snaptik bisa digunakan untuk mengunduh semua versi tersebut tanpa kendala. 

8. Fitur Video Player

Terkadang seseorang masih merasa ragu dengan kualitas dan content dari video tertentu yang ingin diunduhnya. Untuk mengatasi keraguan ini, pengguna aplikasi bisa menggunakan fitur Video Player untuk memutar kembali video yang akan didownload secara streaming.

Bila dirasa video tersebut kurang pas, bisa memilih untuk membatalkan proses download. Sebaliknya, ketika dirasa sesuai, proses download bisa langsung dilanjutkan. 

Keunggulan Snaptik yang Jarang di Ketahui

Fitur Pengunduhan Video dengan Pilihan Resolusi Lengkap

Sebagai aplikasi yang sudah digunakan oleh jutaan orang, tentu saja ada banyak keunggulan yang membuat pengguna Snaptik enggan berpaling ke aplikasi lain. Beberapa keunggulan tersebut tidak hanya dilihat dari fiturnya saja, namun juga dari penggunaan dan aplikasinya, yaitu:

1. Bisa Langsung Digunakan Tanpa Login

Keunggulan pertama adalah dari penggunaanya yang sangat praktis. Untuk download video dengan aplikasi ini, bisa langsung masuk ke aplikasi tanpa perlu login. Selanjutnya tahapan download video yang diinginkan bisa langsung dilakukan.

Aplikasi ini memang sifatnya sangat portabel, sehingga tidak ada tahapan khusus untuk memasangkan aplikasi pada perangkat android yang digunakan. Bahkan pengunduhan video bisa dilakukan sebebas-bebasnya tanpa aturan apapun yang mengikat.

2. Bebas Download Video Sepuasnya Tanpa Batas

Selain bebas dari segi aturan, aplikasi download ini juga memiliki kelebihan dari fungsinya yang bisa dipakai mendownload banyak video sekaligus dalam satu waktu yang bersamaan. 

Kelebihan ini memungkinkan setiap orang untuk download video sebanyak-banyaknya tanpa batas. Kecuali kalau memori penyimpanan android yang digunakan memang terbatas, sehingga tidak bisa menyimpan banyak video Tiktok yang sudah didownload melalui aplikasi.

3. Proses Download Sangat Cepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk download dengan aplikasi ini, tidak perlu proses login terlebih dahulu. Pengguna hanya perlu mencari video Tiktok yang disukai lalu menyalin link yang tertera pada video tersebut.

Selanjutnya, aplikasi bisa dibuka dan proses download secara otomatis akan berjalan ketika link yang dicopy sudah dipastikan benar. Tentu proses download ini tetap sangat dipengaruhi oleh sinyal internet yang dipakai. Download bisa saja melambat ketika tidak ada sinyal internet yang mendukung.

4. Tidak Banyak Iklan

Dengan tampilan aplikasi dan situs yang cukup sederhana, Snaptik juga tidak terlalu banyak menampilkan iklan. Ini berbeda jauh dengan aplikasi download pada umumnya yang bisa menampilkan banyak sekali iklan untuk keuntungan pribadi.

Tidak adanya iklan pada aplikasi memang menjadi faktor yang sangat mendukung proses download menjadi lebih cepat dibanding aplikasi lain.

5. Bisa Digunakan Oleh Semua Jenis Perangkat

Tidak hanya Android, ada banyak perangkat lainnya yang juga bisa digunakan untuk aplikasi Tiktok. Mulai dari iOS sampai dengan PC. Semua perangkat itu ternyata sudah mendukung Snaptik yang memang didesain sederhana, ringan, dan universal untuk semua perangkat. 

Namun khusus PC, pengguna tetap harus download aplikasi tambahan lainnya agar sistem operasi dari aplikasi Android juga bisa dipakai pada PC. 

6. Kualitas Video Super HD

Walaupun ada banyak sekali pilihan resolusi video yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, aplikasi ini tetap menyediakan resolusi super HD dan sesuai video aslinya untuk memberikan hasil download yang jernih, bersuara jelas, serta gambar yang bebas pecah-pecah.

Kelebihan ini sangat cocok untuk pengguna aplikasi yang ingin download video untuk kepentingan konten pribadi dan dimodifikasi kembali menjadi video menarik sebelum di repost ke berbagai media. 

7. Aplikasi User Friendly

Dari segi tampilan, baik aplikasi ataupun situsnya memiliki desain yang sangat sederhana namun tetap elegan. Desain yang sederhana ini sifatnya user friendly sehingga mudah digunakan siapa saja tanpa mengalami kesulitan saat menggunakannya. 

Tidak hanya tampilannya saja, dari sisi penggunaannya juga sangat gampang sehingga memungkinkan semua kalangan mampu menggunakannya tanpa kendala. 

8. Video Bebas Watermark

Kelebihan selanjutnya terletak dari fitur utama yang bebas disajikan oleh aplikasi ini, yakni hasil video yang didownload bebas watermark. Baik video yang diambil dari Tiktok, Facebook, Instargram, hingga Twitter bebas diunduh tanpa adanya tanda air di bagian bawahnya.

Video yang telah diunduh ini jadi lebih leluasa untuk dibagikan kembali melalui media sosial ataupun aplikasi lain karena terlihat masih natural.

9. Lebih Aman

Baik Snaptik versi situs ataupun aplikasi sama-sama bersifat aman dari berbagai ancaman virus dan malware. Aplikasi yang sudah dirilis secara resmi di Play Store ini tentunya lebih aman digunakan oleh semua pihak.

Demikian juga dengan situsnya yang mewajibkan pengguna untuk melakukan pentautan sehingga sangat mendukung keamanannya serta bebas digunakan sepuasnya.

10. Tersedia dalam Bentuk Aplikasi Ataupun Situs

Ketersediaan Snaptik dalam bentuk aplikasi maupun situs ini juga menjadi salah satu kelebihannya yang tidak bisa ditemui pada aplikasi lain. Kalau biasanya aplikasi video download hanya menyediakan media download berupa aplikasi saja, maka aplikasi ini justru menyediakan situs terlebih dahulu untuk pelanggannya. 

Apabila tidak ingin menyimpan banyak aplikasi pada Android, bisa memilih versi situs. Sebaliknya ketika terlalu sering download video Tiktok dan tidak ingin direpotkan dengan membuka browser, langsung saja download aplikasinya.

11. Segala Fitur Bisa Dinikmati Secara Gratis

Sebagian besar aplikasi download berkualitas akan menawarkan fitur premium berbayar kepada penggunanya untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Hebatnya, aplikasi Download video Tiktok ini sama sekali tidak dikenakan biaya aplikasi apapun alias gratis.

Mulai dari fitur Mp3 converter, cleaner watermark, hingga video full HD bisa langsung dipakai secara gratis. 

Kelemahan Situs/Aplikasi Snaptik

Kelemahan Aplikasi Snaptik

Dibalik berbagai keunggulan dan kemudahan Snaptik, tentu saja ada beberapa kekurangan yang menjadi kelemahan dari aplikasi ini saat digunakan. Biarpun kelemahannya hanya sedikit dan tidak sebanding dengan kelebihannya, tapi beberapa kelemahan berikut juga patut dipertimbangkan sebelum menggunakannya, yaitu:

1. Lag Pada Situs

Khusus penggunaannya melalui jalur website atau situs, terkadang juga mengalami lag yang sangat menganggu proses download. Meski begitu, kendala ini tetap bisa dicegah dengan memastikan ruangan memori yang dipakai menyimpan video masing cukup lenggang untuk menyimpan hasil download. 

2. Banyak Opsi yang Terkadang Membingungkan

Secara umum tampilan aplikasi memang sangat mudah dan user friendly. Sayangnya dalam penerapannya, sebagian pengguna masih kerap kali merasa kebingungan menggunakan aplikasi ini karena terlalu banyak opsi yang ada di dalamnya.

Bahkan fitur-fitur yang tersedia  terlalu banyak terkadang baru bisa dipahami oleh pengguna yang memang sudah mencoba langsung fitur tersebut.

3. Proses Download Terkadang Berhenti Tiba-tiba

Kendala yang kerap kali dikeluhkan oleh pengguna aplikasi adalah proses download yang bisa berhenti secara tiba-tiba. Penyebabnya sangat beragam, ada yang dipengaruhi oleh koneksi internet yang memang kurang baik.

Tapi ada juga yang mengeluhkan masalah ini biarpun koneksi internetnya sangat stabil dan menggunakan Wi-Fi. 

Cara Download Aplikasi Snaptik 

Snaptik

Cara download aplikasi Snaptik sebenarnya sama saja dengan cara download aplikasi pada umumnya. Untuk versi aplikasi, hanya perlu mencari aplikasi ini melalui Play Store pada perangkat Android masing-masing. Langkah-langkah download sekaligus instalasinya adalah:

  • Buka Play Store pada Android yang dipakai, atau langsung buka link download ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.video.downloader.snapx.
  • Pilih aplikasi dan klik instal.
  • Tunggu sampai proses download selesai.
  • Buka aplikasi, dan pengguna bisa langsung menggunakannya untuk download video.

Sementara itu, untuk versi website, bisa juga mengunduh dengan tahapan berbasis Progressive Web App. Langkah-langkah yang bisa dilakukan meliputi:

  • Kunjungi situs atau website resminya di https://snaptik.app/en.
  • Klik tombol opsi di bagian bawah layar android yang bertuliskan “tambahkan Snaptik di layar utama.”
  • Klik install dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Secara otomatis, shortcut dari aplikasi ini akan muncul pada menu Android yang digunakan. 

Cara Download Video Tiktok Menggunakan Aplikasi Snaptik

Apabila sudah memiliki aplikasinya, maka proses download berbagai video dari Tiktok bisa langsung dilakukan. Meskipun tampilannya sudah sangat mudah, bagi pemula yang masih bingung juga bisa mempraktekkan cara-cara berikut agar lebih mudah.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Tiktok.
  • Temukan video yang ingin didownload.
  • Klik tombol bagikan yang tertera pada video Tiktok tersebut.
  • Selanjutnya salin tautan berupa Url.
  • Beralih ke aplikasi atau situs Snaptik yang digunakan.
  • Pada beranda aplikasi, akan ada kolom kosong yang dipakai menempel tautan.
  • Paste atau tempel tautan pada kolom tersebut.
  • Gambar video akan muncul pada layar, jika benar video tersebut yang akan didownload, langsung tekan tombol biru bertuliskan download.
  • Nantinya akan ada opsi download dengan watermark atau tanpa watermark. Bagi yang ingin menghilangkan watermark Tiktok, langsung pilih opsi download tanpa watermark.
  • Proses download berjalan.
  • Ketika download selesai, secara otomatis video akan tersimpan pada galeri Android yang digunakan.

Keberadaan aplikasi Snaptik bisa menjadi salah satu penunjang para Content Creator untuk berkreasi terhadap video yang sudah didownload tanpa watermark. Tapi pastikan untuk tidak mengambil hak cipta orang lain dari video Tiktok yang ada jika tidak mendapat izin atau tidak dimodifikasi terlebih dahulu.

Baca Artikel 1health.id yang lain :