• barasa.christ@yahoo.co.id

    Rasa tidak nyaman

    Selamat malam , dokter.. Santabi parjolo Tulang.. :) saya ingin bertanya.. Dalam 4 hari belakangan ini , saya merasakan rasa tidak nyaman di tenggorokan saya bagian kiri , sebelumnya saya tidak ada merasakan adanya penyakit pada tubuh saya.. Setiap saya mengunyah atau menelan , saya merasakan seperti ada mengganjal , diluar itu saya tidak ada merasakan sakit ataupun hal sejenisnya , dan saya merasa risih akan hal tsb.. Kalau boleh tahu , apa nama gejala yang saya rasakan sekarang ini ya ,dokter ..? Dan kalau bisa minta saran , apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan rasa yang membuat saya risih sekarang ini dok ? Saya perokok aktif , kopi salah satu minuman kebiasaan saya, dan belakangan ini kurang istirahat , tapi soal minum air mineral saya tidak pernah kurang dari 2L minumnya perhari .. Mohon Responnya dokter.. Susah kalau begini terus di tanah rantau ????

    27-04-2019 23:20:07

  • mauliate godang buat pertanyaanya..hehehe. 

    sebelumnya harus dipastikan dulu bahian yang mengganjal itu apa. karena ditenggorokan kita ada beberapa organ tambahan contohnya tonsil atau yg dikenal dgn amandel. 

    kita punya sepasang tonsil kanan dan kiri, kalo memang yg dirasakan rasa tidak nyaman kemungkinan masalah ditonsil bisa menjadi penyebabnya.

    tonsil bisa membengkak atau meradang akibat banyak faktor misalnya terlalu banyak makan makanan berminyak, penyedap rasa, minum es terlalu banyak atau bisa juga karena badan kita kelelahan yg membuat imun kita menurun 

     

    apabila tonsil meradang bisa membuatnya bengkak, dan membuat tidak nyaman ditenggorkan, seperti nyeri menelan, rasa ada yang mengganjal, bahkan bisa membuat gangguan tidur seperti mengorok saat tidur.

    cara untuk menguranginya salah 1nya bener yg dilakukan yaitu minum air putih yg cukup, lalu menjaga makanan kita dari makan makanan yg bisa memacu tonsil bengkak dan meradang, lalu bisa juga dhn menjaga kebersihan rongga mulut dgn menggunakan mouth wash setelah sikat gigi, dan pastinya jaga kesehatan tubuh dgn rehat yg cukup, minum vitamin dan tidak beraktivitas berlebihan.

     

    akan tetapi jika disertai gejala lain seperti demam mungkin bisa diberikan antibiotik, akan tetapi antibiotik harus diberikan dgn resep dokter pastinya 

     

    ada baiknya periksakan diri ke dokter supaya bisa dipastikam bagian yg tidak nyaman itu benar dari tonsil atau tidak.

     

    terima kasih untuk pertanyaannya.semoga bermanfaat sarannya.

     

    Tuhan berkati

    27-04-2019 23:53:26

    Untuk diagnosa pasti, silahkan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.
  • dr. Erick Gunawan Sirait

    Salam,

    dr. Erick Gunawan Sirait

    Dokter Umum (General Practicioner)

    Rumah Sakit Umum Siloam

Share

Pertanyaan lainnya

  • andre koto

    Sakit cacar

    Halo dok.anak kena cacar dok.,dari kepala sampe kaki sudah keluar bintik berair berwarna putih.tp ba ...

    1 Balasan 3 years ago

  • Yon Sahaja

    kesehatan payudara

    Pg.dok payudara istri sy ko klo di hisap rasax kaya ambis mkn kemiri bakar,knpa ya dok.tlg penjelasa ...

    1 Balasan 3 years ago

  • Retno Damayanti

    wasir

    bisakah wasir disembuhkan tanpa operasi? krn selama ini hanya dengan obat bisa sembuh tapi suatu saa ...

    1 Balasan 3 years ago

  • davian_sigit

    suhu tubuh

    Dok rencananya saya mau pergi berwisata ke pegunungan. Konon katanya suhu udara di pegunungan ini sa ...

    1 Balasan 4 years ago

  • Roynaldy Simamoora

    perut kembung

    saya sudah ke dr spesialis penyakit dalam dok,katanya asam lambung.dikasih obat asam lambung tapi be ...

    1 Balasan 3 years ago