mata ikan

Permisi dok mau nanya tentang mata ikan atau bukan yah?
Saya mengalami nyeri dibagian telapak kaki bagian bawah tumit,dlunya prnah nginjek batu waktu di sungai tpi ngga keluar darah cuman nyeri dibagian dalem muncul benjolan smpe skrang..gimana ya dok cara menyembuhkannya
  • 11 August 2017
  • 19:06
Seseorang
Selamat pagi,
Seseorang

Terima Kasih atas pertanyaanya.

 

Rasa sakit yang dirasakan setelah terkena batu biasanya terjadi karena Plantar Fascitis. 

Plantar fasciitis adalah inflamasi yang terjadi pada plantar fascia. Plantar fascia merupakan sekelompok jaringan padat dan kuat (ligamen) yang berada di sepanjang telapak kaki dan menghubungkan tulang jari-jari kaki ke tulang tumit.

Inflamasi ini termasuk kondisi yang umum terjadi. Diperkirakan, sekitar 10 persen dari orang dewasa pernah mengalaminya, 

Gejala utama plantar fasciitis adalah rasa sakit pada telapak kaki di dekat tumit. Indikasi ini bisa terjadi pada salah satu kaki atau keduanya secara bersamaan.

Sensasi sakit cenderung berpusat pada satu titik dan biasa terasa paling sakit ketika Anda pertama kali melangkah setelah bangun pagi. Di samping itu, plantar fasciitis juga bisa dipicu akibat terlalu lama berdiri, saat bangun dari posisi duduk, atau setelah berjinjit.

Jika Anda merasakan nyeri pada bagian tumit saat melangkah setelah bangun pagi atau duduk terlalu lama, periksakanlah ke dokter. Plantar fasciitis yang dibiarkan dalam waktu yang lama berpotensi memicu dampak negatif, misalnya gangguan pada kaki, lutut, panggul, atau punggung.

Namun pada kasus ini, kemungkinan besar ada memar yang terjadi sehingga keluhan seperti ada benjona karena memar dapat ditemukan. 

cara terbaik untuk saat ini adalah dengan cara:

1.mengkompres daerah yang sakit dengan air hangat.
2. menggunakan alas kaki yang lembut dan nyaman
3. kurangi aktifitas berlebih untuk memberikan beban di kaki. 

 

proses penyembuhan ini kan terjadi cukup lama bukan hanya dalam tempo < 1 minggu. proses penyembuhan ini akan terjadi > 2 minggu (pada umumnya)

 

terima kasih 

  • 22 August 2017
  • 13:22

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Michael Aditya
Dokter Umum (General Practicioner)