Haid

Dok,saya udah ada 6 bulan blm haid. Bagaimana solusinya biarr saya bisaa lancarr haid, Bahaya ngga sih dok??
  • 06 September 2017
  • 17:23
soniahhks
Selamat siang,
soniahhks

menstruasi dikatakan tidak lancar jika siklus yang terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, bisa juga jika lama menstruasi berubah rubah tiap bulannya, volume darah yang tidak sama (terlalu banyak atau sedikit).

menstruasi yang tidak teratur disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang.

beberapa jenis menstruasi yang tidak teratur:

  • Metrorrhagia adalah menstruasi yang tidak teratur, namun menstruasi rutin terjadi.
  • Oligomenorrhea adalah kondisi ketika siklus menstruasi terjadi lebih dari 35 hari, sehingga dalam kurun waktu setahun, menstruasi bisa terjadi hanya sekitar 6-8 kali.
  • Amenorrhea adalah kondisi ketika menstruasi Anda berhenti selama 3 bulan lebih.
  • Menometrorrhagia, merupakan pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih lama dan volume darah lebih banyak tapi rutin terjadi.

menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur dapat terjadi di tahun2 awal menstruasi atau masa pubertas, bisa juga pada saat menjelang menopause.

jika anda tidak dalam masa pubertas atau menopausebeberapa hal yang menyebabkan haid tidak kancar atau tidak teratur antara lain :

1. kehamilan,

cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah anda hamil, bisa dengan tes kehamilan atau usg.

2. penggunaan alat kontrasepsi, 

alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau sakit perut pada saat menstruasi. Kemungkinan adanya sedikit darah yang keluar pada awal penggunaan pil KB juga mungkin terjadi dan akan berhenti setelah beberapa bulan pertama.

3. sindrom ovarium polikistik,

merupakan kumpulan gejala yang disebabkan adanya kista kecil di indung telur, sehingga hormon tidak seimbang seperti testosteron yang meningkat melebihi batas normal. terjadi juga gangguan pada pelepasan sel telur,sehingga menyebabkan anda tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tapi darah yang keluar hanya sedikit.

3. gangguan hormon tiroid,

kelenjar tiroid memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh, jika tiroid anda bermasalah kadang dapat mempengaruhi siklus haid anda

 

segera konsultasikan kondisi anda pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan penjelasan lebih jelas mengenai kondisi yang anda alami. terima kasih, semoga bermanfaat.

  • 13 September 2017
  • 11:52

Untuk diagnosa pasti, silakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik di sini untuk info rumah sakit dan dokter.

Salam,

dr. Janet Chandra
Dokter Umum (General Practicioner)